Soal Duet Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, AHY Singgung Politik Curang

  • Bagikan
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

"Saya memahami apa yang ada di pikiran para kader Partai Demokrat menyikapi situasi politik ini, ada yang marah, kecewa, tapi saya mengajak kita semua untuk sabar dan ikhlas menerima semua ini. Pasti ada rencana Tuhan yang lebih baik," ujar AHY.

  1. Meminta tetap tenang dan berpikir jernih

Selain mengajak untuk ikhlas, AHY juga meminta para kader untuk tetap tenang dan berpikir jernih agar Partai Demokrat tidak sampai ditindas oleh konspirasi politik.

"Kita tidak akan patah oleh ganjalan politik sekeras apapun, dan juga tidak berkompromi pada konspirasi politik securang apapun," tegas AHY.

AHY juga meminta para kader untuk bersyukur. Menurutnya, mungkin ini cara Tuhan untuk menyelamatkan partai berlambang bintang mercy tersebut dari hal-hal yang lebih buruk.

  1. Mengedepankan etika dan komitmen politik

AHY ingin agar Partai Demokrat mengedepankan etika dan komitmen berpolitik, serta integritas pribadi dalam mencapai tujuan. Baginya, berpolitik tak ubahnya mengemban tugas sebagai prajurit TNI yang memegang teguh nilai dan etika keperwiraan.

"Saya rasa semua rakyat Indonesia sepakat untuk berpolitik secara etika, yaitu mendambakan praktik-praktik yang baik dan tidak menghalalkan segala cara," ujar AHY kembali.

Putra Presiden Indonesia periode 2004-2014, Susilo Bambang Yudhoyono tersebut sekaligus menyentil pihak-pihak tertentu yang menjadikan kata maaf sebagai obat murah untuk menebus sebuah pengingkaran komitmen politik.

  1. Mengedepankan musyawarah bersama dalam pengambilan keputusan

Selain itu, AHY juga menentang pengambilan keputusan secara sepihak dan terlampau singkat terhadap suatu hal penting yang bisa berpengaruh terhadap masa depan bangsa. Ia menilai keputusan sepenting itu harus dimusyawarahkan bersama, bukan dipaksakan untuk menerima.

  • Bagikan