Metode ESWL, Cara Baru untuk Penanganan Penyakit Batu Ginjal

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID - Batu saluran kemih atau lebih dikenal dengan batu ginjal adalah penyakit yang terjadi akibat tingginya kadar zat kimia yang apabila terus menerus menumpuk di ginjal, dapat membentuk kristal yang menyerupai batu yang umumnya terbentuk di ginjal.

Penyakit ini umum terjadi di masyarakat dan bahkan menjadi salah satu yang paling banyak ditemui case-nya di klinik pengobatan urologi.

Perubahan lingkungan, cuaca, hingga gaya hidup turut mempengaruhi daya tahan tubuh manusia. Batu saluran kemih atau batu ginjal menjadi salah satu penyakit yang tidak dapat dianggap remeh.

Sebab, apabila tidak segera ditangani, dapat meningkatkan resiko kerusakan fungsi ginjal secara permanen. Indonesia sendiri masuk dalam kelompok negara di dunia yang termasuk dalam daerah “Sabuk Batu” (Stone Belt).

Terkait dengan penanganan penyakit batu ginjal, Rumah Sakit Royal Progress (RSRP), yang telah memberikan pelayanan kesehatan selama 31 tahun, kembali memperkuat dedikasi pelayanan kesehatan yang terintegrasi bagi masyarakat dengan menghadirkan solusi penanganan batu ginjal tanpa operasi dengan metode Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL).

Dokter Ivan R. Setiadarma, MM, Direktur Utama Rumah Sakit Royal Progress, mengatakan, kehadiran inovasi ESWL di RSRP menjadi suatu langkah besar bagi kami dalam mewujudkan komitmen untuk memberikan layanan kesehatan yang menyeluruh dan terintegrasi kepada masyarakat.

"Kami harap dengan adanya teknologi ESWL di RS Royal Progress, masyarakat sekitar lebih mendapatkan kemudahan akses terhadap pengobatan terbaik dibawah pengawasan dokter spesialis urologi terbaik," jelasnya di Jakarta, Kamis (7/9).

  • Bagikan