Unifa Latih Warga Desa Cikoang dalam Pembuatan Garam Spa

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TAKALAR -- Sekitar 40 warga Desa Cikoang, Kabupaten Takalar, hadir dalam kegiatan pelatihan pemanfaatan garam biasa menjadi garam yodium dan spa. Kegiatan itu berlangsung di Cikoang, Takalar, Sabtu (16/9/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh tim dosen Universitas Fajar ini merupakan implementasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh tim dosen yang diketuai oleh Dr. Ir. M. Chaerul, ST, SKM, M.Sc, IPM.

Ada beberapa program yang ditetapkan dalam pengabdian ini. Salah satunya adalah peningkatan keterampilan masyarakat petani garam di daerah Cikoang, Kabupaten Takalar, berupa pelatihan pengolahan garam biasa menjadi garam yodium dan garam spa dengan pemateri Irham Pratama S.Pd, M.Si.

Dalam  pelaksanaan kegiatan agar bisa dimaksimalkan, Irham yang juga ketua Prodi Teknik Kimia Unifa didampingi dua orang asisten laboratorium kimia. Sebelumnya, mereka juga telah melaksanakan beberapa kali uji coba di laboratorium kimia untuk mendapat kualitas garam spa yang bagus.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat Cikoang, Arfah Dg Jarre, sekaligus kordonator petani garam di sana, cukup kaget dengan antusiasme dari warga untuk mengukuti pelatihan. Pasalnya, saat ini petani sedang menghadapi masa panen garam sehingga waktu mereka sangat terbatas untuk mengikuti kegiatan ini.

“Mungkin karena pelatihan ini sangat membantu nantinya dalam meningkatkan penghasilan masyarakat, sehingga mereka antusias mengikutinya,” demikian kata Arfah. (rls)

  • Bagikan