Selamat, Desa Panaikang Terpilih sebagai Desa Maju dan Mandiri

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI – Desa Panaikang, Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai telah diakui sebagai salah satu contoh Desa yang sukses dalam kategori “Maju dan Mandiri” dalam promosi Desa Wisata Nusantara Tahun 2023.

Ini merupakan pencapaian yang membanggakan, menunjukkan komitmen dan upaya nyata dari pemerintah desa dan warganya dalam mengembangkan potensi pariwisata lokal.

Pada ajang ini, Desa Panaikang masuk sebagai kategori II desa maju dan mandiri. Karena itu, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melakukan wawancara dan presentasi secara daring, Kamis (12/10/2023) di Command Centre Rumah Jabatan Bupati,

Direktur jenderal pembangunan desa dan perdesaan, Sugito dalam sambutannya menyampaikan bahwa hal ini merupakan upaya dalam menggerakkan perekonomian yang ada di desa dengan mengembangkan potensi yang ada di masing-masing desa.

Lomba Desa Nusantara juga sebagai ajang promosi wisata desa dengan memperkenalkan potensi yang ada di desa, karena perkembangan wisata di desa menjadi kondisi tren saat ini.

Terpisah, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Yuhadi Samad menyampaikan bahwa pihaknya telah menyampaikan kepada 21 desa di Sinjai untuk mengusulkan desanya masing-masing namun yang memenuhi persyaratan hanyalah desa Panaikang.

“Sebenarnya semua desa wisata kita harapkan berpartisipasi, tetapi ternyata yang memenuhi kriteria hanya beberapa desa yang memasukkan dan telah diumumkan untuk 45 besar dan hanya Desa Panaikang yang masuk dalam kategori 45 besar itu,” ungkapnya.

  • Bagikan