Kerupuk, Sambal, dan Abon Berbahan Ikan, Ide Bisnis Menarik Ibu-ibu Kelompok Dirosa Masjid Uwais Al Qarni Sudiang

  • Bagikan

Sesi kedua diisi dengan kegiatan pelatihan mengolah ikan menjadi abon ikan, kerupuk tulang ikan, dan sambal ikan. Dalam sesi kedua ini, para peserta ibu dilatih pula teknik pengemasan produk abon ikan, kerupuk tulang ikan, dan sambal ikan. Sedangkan sesi terakhir didedikasikan untuk praktik pemasaran online dengan menggunakan media social berupa Instagram, WA, dan facebook.

Tujuan utama dari pelaksanaan PKM ini adalah meningkatkan ketrampilan berwirausaha para ibu majelis taklim (Kelompok Dirosa) melalui pelatihan peningkatan ketrampilan memproduksi olahan ikan berupa abon ikan, kerupuk tulang ikan, dan sambal ikan.

Selain itu, kegiatan PKM ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam dan ketrampilan kepada ibu-ibu anggota Kelompok Dirosa tentang cara memulai dan mengembangkan usaha kecil yang nantinya dapat mendukung semua kegiatan pemberdayaan ummat melalui Mesjid Uwais AL Qarni. Semua kegiatan ini dapat terlaksana berkat bantuan hibah PKM internal dari Politeknik Negeri Ujung Pandang melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. (asri)

  • Bagikan