Kampung Rewako Gowa Jadi Lokasi Penilaian Program I-Sim for Regencies 2023

  • Bagikan
Ketua Tim Verifikator Angelina Pikki Silolo (kanan) saat memaparkan terkait program I-Sim for Regencies 2023 saat melakukan verifikasi lapangan di Kabupaten Gowa, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

FAJAR.CO.ID, GOWA -- Masyarakat Kampung Rewako Gowa patut berbangga. Kampung Rewako Jenetallasa, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa masuk dalam penilaian program I-Sim for Regencies 2023.

Penunjukan Kampung Rewako ini bukan tanpa alasan. Kampung Rewako Gowa telah menjadi klaster ekonomi terpadu berbasis potensi lokal.

Tim Verifikasi dan Validasi program I-Sim for Regencies 2023 telah mengunjungi Kampung Rewako Gowa untuk memberika penilaian.

Ketua Tim Verifikator Angelina Pikki Silolo mengatakan, Kabupaten Gowa menjadi salah satu dari tiga kabupaten di Sulawesi Selatan, dan 103 kabupaten di Indonesia yang mengikuti penilaian program I-Sim for Regencies 2023.

I-Sim for Regencies merupakan program inisiatif berskema rating dan awarding untuk meningkatkan integrasi dan kolaborasi ekosistem Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan di tingkat kabupaten.

Program tersebut merupakan kolaborasi antara PT Surveyor Indonesia (PTSI), Bappenas, APKASI dan Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD). Proses penilaiannya saat ini sudah memasuki tahap verifikasi dan validasi data yang dilakukan di 12 kabupaten, termasuk di Kabupaten Gowa.

Penilaian lapangan dan validasi data ini hanya dilakukan di 12 kabupaten di Indonesia. Salah satunya di Kabupaten Gowa.

Program ini menjadi wadah saling belajar dan berbagi pengalaman antarkabupaten mengenai upaya pencapaian program SDGs pada 2030 mendatang.

“Setelah penilaian rampung, penganugerahan bertajuk SDG Annual Conference 2023 dijadwalkan digelar pada November 2023 mendatang. Hasil I-SIM nantinya dapat menjadi acuan dan rekomendasi dalam penyusunan rencana strategis daerah (RAD),” terangnya.

  • Bagikan