Hari Santri, Bupati Barru Jadi Inspektur Upacara

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU -- Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M.Si memimpin upacara peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tingkat Kabupaten Barru tahun 2023,Ahad, (22/10/2023).

Peringatan HSN tingkat Kabupaten Barru dipusatkan di Kampus II Putra DDI Mangkoso Tongronge, Kecamatan Soppeng Riaja,Kabupaten Barru.

Hadir Unsur Forkopimda, Pimpinan Pondok Pesantren DDI Mangkoso,Kementerian Agama Kabupaten Barru, Kepala OPD Pemda Barru, Perwakilan Pimpinan dan pembina Pesantren se Kab.Barru, Camat Soppeng Riaja, Kapolsek, Danramil dan kepala Desa serta lurah,kepala desa,santri beserta undangan lainnya.

Bupati Barru Ir.H.Suardi Saleh,M.Si menyampaikan amanat Menteri Agama bahwa Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri.

Penetapan itu untuk merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Dari resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa peristiwa heroik tanggal 10 November tahun 1945 yang kita peringati sebagai hari Pahlawan,” katanya.

Mengusung tema Jihad Santri Jayakan Negeri, memiliki makna mendalam. Jihad itu sendiri bukan selalu diimplementasikan melalui pertempuran fisik, melainkan perjuangana keseluruhan yang mencakup untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan memperbaiki diri.

Bagaimana pun peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa,ungkap Bupati dua periode ini.

Ia mengharapkan di hari santri ini tidak hanya sekedar memperingatinya saja, tapi bisa dijadikan untuk semua dalam melakukan napak tilas perjuangan santri berikutnya perannya dalam pembangunan yang sekarang oleh kita semua dinikmati.

  • Bagikan