Gelar FGD, Ditjen Hubdat Bahas Modernisasi Terminal Tipe A

  • Bagikan

Kegiatan Modernisasi Terminal meliputi kegiatan renovasi terminal; pembangunan tujuh sistem modernisasi terminal, antara lain sistem penerbitan tiket, sistem mesin tiket mandiri, sistem online booking, sistem manajemen terminal, sistem pengumuman dengan suara, sistem pengumuman tertulis, sistem penertiban darurat, dan sistem manajemen yang terintegrasi; serta pelatihan dan sosialisasi sistem modernisasi terminal.

Sementara itu, PT Samchully Networks sebagai pelaksana Hibah dari Pemerintah Korea Selatan dan pelaksana sistem pembelian tiket online telah menunjuk Faspay sebagai payment gateway pembelian tiket secara cashless.

“Dalam kegiatan FGD ini diharapkan terlaksana diskusi terkait terminal yang berfungsi tidak hanya sebagai tempat naik turun penumpang melainkan dapat digunakan secara mix used untuk aktivitas masyarakat, utamanya untuk terminal-terminal yang sudah dibangun, sehingga dapat meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) serta mengarah pada Badan Layanan Umum (BLU) Terminal,” pungkasnya.

Dalam akhir sesi diskusi juga diperoleh berbagai saran dan masukan terkait pengelolaan terminal agar lebih diminati oleh masyarakat dibutuhkan pengelola yang memahami dan mengerti proses bisnis yang baik.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kasubdit Kepengusahaan Prasarana, Susanti Pratiwi; Kasubdit Integrasi Prasarana Transportasi BPTJ, Rachmat Susilo; Manager PT. Shamchully Networks, Kim So Eun; Perwakilan Biro Hukum Kementerian Perhubungan; Perwakilan Biro Perencanaan Kementerian Perhubungan; Perwakilan Biro Komunikasi dan Informasi Publik; Perwakilan Unit Kerja di Lingkungan Ditjen Hubdat; serta Para Perwakilan Perusahaan Otobus.(rls)

  • Bagikan