Mudahkan Petani, Pj Gubernur Bahtiar Akan Luncurkan Aplikasi E-Pisang

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin akan meluncurkan Elektronik Pisang (E-Pisang). 

E-Pisang yang akan bekerjasama dengan Bank Indonesia ini menjadi program Bahtiar dalam memudahkan bisnis pisang di era digital dalam sebuah aplikasi.

“Saya akan membangun ekosistem bisnisnya dengan satu sentuhan. Ini sedang kerjasama dengan Bank Indonesia,” kata Bahtiar, di Kantor Gubernur Sulsel, Senin, (27/11/2023). 

Dia menargetkan peluncuran aplikasi E-Pisang ini bisa terealisasi dalam beberapa bulan mendatang. Seperti halnya aplikasi E-Jagung untuk mengakomodir petani jagung.

“Mudah-mudahan beberapa bulan ke depan saya sudah bisa menghadirkan yang namanya E-Pisang (Elektronik Pisang). Kira-kira seperti E-Jagung,” ungkapnya.

Nantinya dengan aplikasi itu, para petani atau pihak yang berbisnis pisang dapat mengetahui prediksi harga pisang di waktu mendatang. 

Pada intinya dalam sistem itu berupaya mempertemukan produsen, distributor dan konsumen.

“Jadi kawan kita petani nanti bisa membuka juga di handphonenya kalau saya tanam pisang hari ini, nanti 7 bulan ke depan harganya berapa, yang beli siapa, melalui pelabuhan mana, kerjasama dan harganya berapa, dengan satu sistem,” jelas Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri ini. (selfi/fajar)

  • Bagikan