Sekda Barru Hadiri Hakordia Secara Virtual, Presiden Jokowi Beri Pesan Begini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU -- Sekda Barru Abustan menghadiri Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia). Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sekretaris Daerah Kabupaten Barru, Ir Abustan mengikuti Peringatan Hakordia secara virtual di ruang basic Kantor Bupati Barru pada Selasa (12/12/2023).

Presiden Jokowi mengatakan korupsi merupakan kejahatan luar biasa yang menghambat pembangunan serta merusak perekonomian bangsa.

Dia mengingatkan terlalu banyak pejabat di Indonesia ditangkap dan dipenjara karena korupsi.

“Korupsi adalah kejahatan luar biasa yang menghambat pembangunan, bisa merusak perekonomian bangsa dan juga bisa menyengsarakan rakyat,” kata Jokowi dalam sambutannya di Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Jokowi menyebutkan tak ada negara lain yang menangkap pejabatnya sebanyak Indonesia.

Dia pun meminta para peserta Peringatan Hakordia 2023 di lokasi tak bertepuk tangan atas pernyataannya ini.

“Tidak ada negara lain yang menangkap dan memenjarakan pejabatnya sebanyak di negara kita, Indonesia. Jangan ditepuktangani,” tegas Jokowi.

Sebelumnya, Ketua sementara KPK Nawawi Pomolango bicara upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Nawawi mengatakan ada kerja yang masih kurang efektif dalam memberantas korupsi.

“Berbagai Indikator menunjukkan masih kurang efektif dan tidak efisien pemberantasan korupsi di Indonesia,” kata Nawawi dalam acara yang sama.

Nawawi mengatakan sejumlah indikator menunjukkan adanya penurunan dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Dia juga menyinggung soal skor Indeks dalam Indeks Persepsi Korupsi (IPK) yang terasa jalan di tempat dalam 10 tahun terakhir.

  • Bagikan