BMKG Prediksi Hujan dari Pagi hingga Sore di Momen Pergantian Tahun Baru 2024

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Kepala bidang data dan informasi Balai Besar Meteoroleogi Klimatologi dan Geofisikan (BBMKG) Wilayah IV Makassar, Hanafi Hamzah memaparkan, prakiraan cuaca wilayah Makassar sepekan ke depan umumnya cerah berawan hingga hujan berpotensi terjadi pada siang hingga sore hari, dengan intensitas ringan.

Untuk pola hujan tidak terjadi secara tidak merata. Hujan banyak terjadi pada daerah yang ada di pesisir. Pasalnya suhu air laut kini lebih hangat bertemu dengan udara yang lebih basah, akan membuat kondensasi air laut akan semakin cepat. Imbasnya akan terbentuk awan hujan yang sangat cepat.

"Kami memprediksi hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi yang panjang akan terjadi pada dasarian III Desember (21-31 Desember). Sehingga besar kemungkinan pergantian tahun akan terjadi hujan," kata Hanafi, Senin, 18 Desember.

Untuk gelombang laut terhitung masih normal, belum ada potensi angin kencang dan cuaca yang signifikan. Namun tetap harus waspada akan perubahan cuaca dengan cepat yang sering terjadi di laut.

"Sebelum melaut sebaiknya perhatikan informasi cuaca. Pasalnya kini sudah masuk musim hujan sehingga kondisi cuaca bisa berubah dengan cepat," ungkapnya.

Prakirawan BBMKG Wilayah IV Makassar, Rizky Yudha menambahkan, hujan di wilayah Makassar dan sekitarnya saat ini masih tergolong singkat dan terjadi di waktu tertentu, namun disertai dengan petir. Munculnya petir akibat dari pertumbuhan awan cumulonimbus (CB) yang signifikan tetjadi di langit Makassar.

Sementara untuk puncak musim hujan, diprediksi akan terjadi pada Januari 2024, dengan ditandai curah hujan yang meningkat dan durasi hujan yang lebih lama dari sebelumnya. Kondisi tersebut kemungkinan akan mulai meningkat pada akhir Desember 2023.

  • Bagikan