Jaga Stabilitas Nasional, Imigrasi Polman Gelar Operasi JAGRATARA

  • Bagikan

Hal ini tidak lepas dari semakin banyaknya orang asing yang masuk dan melakukan kegiatan di wilayah Indonesia sehingga berbagai permasalahan mungkin akan muncul.

Operasi “JAGRATARA” ini sebagai langkah strategis dari Direktorat Jenderal Imigrasi untuk mengidentifikasi, memantau dan memastikan keberadaan dan kegiatan orang asing sesuai dengan izin tinggal yang dimilikinya.

Direktorat Jenderal Imigrasi memberikan arahan yang tegas dalam Operasi “JAGRATARA” dengan memberikan tindakan administratif keimigrasian maupun melalui penyidikan apabila di lapangan ditemukan orang asing melanggar ketentuan yang berlaku di wilayah Indonesia atau terindikasi akan mengganggu ketertiban umum.

Dari hasil Operasi Pengawasan Orang Asing "JAGRATARA" yang dilaksanakan Imigrasi Polman, tidak ditemukan adanya orang asing yang berada dan berkegiatan serta tidak ditemukannya pelanggaran keimigrasianbaik di Hotel yang dikunjungi maupun di tempat wisata dan di keramaian Polman Expo.

Pihak Hotel maupun tempat wisata sudah memahami terkait mekanisme pelaporan orang asing seperti yang sering disampaikan oleh Petugas Imigrasi Polman, dan apabila dikemudian hari ditemui keberadaan dan kegiatan orang asing maka pihak Hotel dan tempat wisata akan melaporkannya. Diharapkan dengan adanya pengawasan orang asing yang berkesinambungan ini, akan menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap Instansi Imigrasi yang selalu menjalankan fungsinya dalam memberikan pelayanan Keimigrasian, penegakan hukum, keamanan negara, dan fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat.

  • Bagikan