Pj Wali Kota Palopo Rakor Pengendalian Inflasi 2024

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Pj Wali Kota Palopo, Asrul Sani, SH., M.Si., mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) pengendalian inflasi tahun 2024.

Rakor yang digelar secara virtual ini, dirangkaikan dengan penyelenggaraan layanan pemerintah kepada penyandang disabilitas dan digelar di ruang rapat Wali Kota Palopo. Senin (5/2/2024).

Ketua Komisi Nasional Disabilitas (KND), Dr. Dante Rigmalia, memaparkan kondisi penyandang disabilitas menurut data statistik pendidikan BPS tahun 2022.

"Untuk penduduk usia lima tahun ke atas 17,64%, tidak atau belum bersekolah. Lalu sekira 4,31% saat ini masih sekolah dan 78,05% tidak lagi bersekolah," kata Dante Rigmalia.

Saat ini, kata Dante, kepemilikan ijazah mayoritas penyandang disabilitas berpendidikan SD sederajat ke bawah 70,85 persen.

"Sementara penduduk non disabilitas, rata-rata berpendidikan SMP sederajat ke atas sebesar 63,64 persen," jelasnya.

Rata-rata lama sekolah penyandang disabilitas, lanjut Dante, hanya sekira 5,32 tahun atau setara kelas 5 SD sederajat.

"Sedangkan non-disabilitas, umumnya mencapai 9,18 tahun atau setara kelas 9 SMP sederajat," lanjutnya.

"Hanya 2,8 persen presentase penyandang disabilitas yang menyelesaikan pendidikan hingga perguruan tinggi," tambahnya.

Lebih jauh, Dante mengungkapkan, penyandang disabilitas masih menjadi bagian kelompok rentan yang masih tertinggal dalam pembangunan.

"Kita harus memberikan perhatian dan komitmen yang lebih besar dan prioritas, untuk percepatan tersedianya produk hukum daerah untuk penyandang disabilitas," harapnya.

  • Bagikan