Wujudkan Takalar Sehat dan Bersih, Pj Bupati Takalar Kunjungi TPS 3R Kelurahan Bajeng dan PDU Galesong Utara

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, TAKALAR -- Guna mewujudkan Kabupaten Takalar menjadi kabupaten yang bersih dan bebas dari sampah, Pj Bupati Takalar mengunjungi TPS3R di Kelurahan Bajeng dan Pusat Daur Ulang (PDU) di Desa Tamalate, Kecamatan Galut, Kamis 29 Februari 2024.

Pj. Bupati dalam kunjungannya menyampaikan bahwa hari ini kita melakukan kunjungan ke TPS3R untuk memastikan pengelolaan sampah berjalan maksimal. TPS3R ini akan mengelola sampah dengan melakukan pemilahan sampah plastik dan sampah organik dan saat ini proses pemilahan sampah plastik tersebut sudah berjalan.

Pj. Bupati berharap TPS3R ini bisa mempunyai mesin pencacah plastik sehingga lebih mempermudah dan cepat dalam proses pengerjaannya dan menjadikan TPS3R sebagai tempat wisata dan pusat belajar daur ulang sampah bagi siswa-siswi.

Kedepan pemerintah rencananya akan melakukan bentuk kerjasama dengan perbankan dalam mendorong TPS3R ini agar dapat berjalan maksimal sehingga sampah ditakalar dapat berkurang yang berdampak pada lingkungan yang sehat.

Dr. Setiawan juga melakukan kunjungan ke Pusat Daur Ulang (PDU) yang terletak di desa tamalate kec. galesong utara, dalam kunjungan ini ditemukan bahwa pusat daur ulang tersebut tidak berjalan maksimal.

"Kita ingin PDU ini dapat beroperasi kembali dan dapat dipergunakan sehingga tidak terjadi penumpukan sampah" ujarnya.

Ditambahkan pula, PDU dibangun diatas lahan pemerintah Kab. Takalar namun pembangunannya berasal dari Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tahun 2018. Untuk itu saya menginstruksikan kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Kab. Takalar agar menyurat ke Kementerian untuk kejelasan dari bangunan tersebut.

  • Bagikan