Bupati Barru Lepas Peserta Napak Tilas Garongkong-Pacekke

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, BARRU--Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si., melepas secara resmi peserta 'Telusur Jelajah Sejarah' Napak Tilas Garongkong-Paccekke, di monumen Garongkong, Kelurahan Mangempang, Kecamatan Barru pada Sabtu pagi (02/03/2024).

Kegiatan Napak Tilas yang berlangsung selama dua hari mulai 2-3 Maret ini menyusuri rute perjuangan Andi Mattalatta sebagai pemegang mandat dari Jenderal Besar Soedirman untuk membentuk Tentara Republik Indonesia (TRI)) Divisi Hasanuddin.

Peserta dari Napak Tilas ini terdiri dari unsur TNI-Polri dari Kodim 1405/Parepare dan Polres Barru, OPD se-Kabupaten Barru, OPD Kecamatan se-Kabupaten Barru, Desa dan Kelurahan se-Kabupaten Barru, OKP, Ormas, Komunitas dan siswa SMA, SMK, MA se Kabupaten Barru.

"Napak Tilas Garongkong-Paccekke merujuk pada rute perjalanan pejuang yang dipimpin Mayor Andi Mattalatta sebagai salah satu pemegang mandat dari Panglima Besar Jenderal Soedirman untuk melakukan persiapan pembentukan tentara republik Indonesia (TRI) di Sulawesi yang dinamakan resimen Hasanuddin", kata Suardi Saleh dihadapan para peserta Napak Tilas.

Bupati Suardi Saleh menjelaskan, nilai sejarah Paccekke menjadi tempat konsolidasi cikal bakal terbentuknya tentara nasional Indonesia (TNI) regional Sulawesi tentu menjadi suatu kebanggaan. Untuk itu diharapkan kebanggaan ini bisa dijaga dan dilestarikan.

Menurut Bupati dua periode ini, pelaksanaan Napak Tilas adalah salah satu upaya merawat gelora semangat perjuangan para pejuang yang tidak kenal menyerah.

  • Bagikan