Dibuka Danny Pomanto, Vihara Girinaga Bakal Gelar Perayaan Waisak Terbesar di Sulsel

  • Bagikan
Wali Kota Makassar Danny Pomanto

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Vihara Girinaga akan membuat puncak hari Waisak terbesar di Sulawesi Selatan (Sulsel). Acara ini bakal dibuka langsung Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Kegiatan rencananya berlangsung di Trans Studio Mall, Kota Makassar, mulai dari 30 Mei hingga 4 Juni 2024.

Dimana dalam puncak Waisak tersebut akan ada rekor muri patung Buddha dengan tinggi 15 meter dan menghias tas daur ulang terbanyak dengan jumlah 500 orang.

Ketua Vihara Girinaga Pendeta Roy Ruslim mengatakan, puncak Waisak tahun ini bertema Waisak Goes To Mall.

Vihara Girinaga akan menampilkan kegiatan edukasi dan budaya Buddha yang kurang diketahui oleh masyarakat umum.

"Kita akan tampilkan tari-tarian yang menggambarkan riwayat hidup Buddha Gautama, sejak beliau lahir hingga wafat," katanya saat Conference pers di Vihara Girinaga, Jl Salahutu, Kota Makassar, Senin (27/5/2024).

Tak hanya itu, terdapat juga tarian seribu tangan yang melambangkan Dewi Kwan IM di depan para masyarakat umum. Dalam tarian itu terdapat makna melindungi dan memberkati kepada seluruh umat manusia.

"Ada tarian lain juga seperti barongsai, dan naga, ini semua yang berhubungan dengan tradisi dari budaya Tionghoa yang dekat dengan agama Buddha," ujarnya.

Selain tari-tarian, kata Pendeta Roy, terdapat juga kegiatan oleh anak-anak seperti paduan suara yang pencapaiannya 250 orang.

"Ada juga cerita tentang riwayat hidup yang nantinya akan dibawakan oleh anak-anak dengan draft dan lagu dan ini sangat bagus untuk ditonton," ungkapnya.

  • Bagikan