Organisasi Masyarakat Sipil Kunjungi KPU Sulsel, Bawa Isu Marjinal di Pilkada 2024

  • Bagikan
Pebria Prakarsa Renta dari Setara Institute

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Setara Institute bersama Koalisi Aspirasi (Aliansi Masyarakat Sipil untuk Transparasi, Inklusi, dan Demokrasi) Sulawesi Selatan (Sulsel) melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan iklim inklusi terhadap kelompok ninoritas dan marjinal, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Menindaklanjuti hasil kegiatan bersama beberapa organisasi masyarakat sipil (OMS), Setara Institute bersama Koalisi Aspirasi Sulsel melakukan kunjungan ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulsel di Makassar, Selasa 2 Juli 2024.

Koalisi Aspirasi diterima oleh salah seorang Komisioner KPUD Sulsel, Hasruddin Husain dan Kasubag KPU Sulsel, Sahyra Ahniza.

"Momentum Pilkada 2024 menjadi kesempatan untuk menyuarakan secara intensif isu-isu inklusi agar partai politik dan tokoh-tokoh politik dapat mempertimbangkan keberadaan kelompok marjinal dan mengawal agar isu inklusi menjadi perhatian pada setiap proses penyusunan program kerja maupun pembentukan kebijakan di pemerintahan dan parlemen daerah nantinya," kata Pebria Prakarsa Renta dari Setara Institute dalam rilisnya, Rabu 3 Juli 2023.

Dalam konteks tersebut, kata Aci panggilan perempuan ayu dan anggun itu, Setara Institute bersama Koalisi Aspirasi Sulsel menindaklanjuti beberapa kegiatan yang erat hubungannya dengan advokasi isu-isu kelompok marjinal sekaitan dengan pelaksanaan Pilkada 2024.

"Setara Institute bersama Koalisi Aspirasi Sulsel pada saat berkunjung ke KPUD juga menyerahkan dokumen ‘policy brief’ berisikan rekomendasi agenda pembangunan tentang kelompok narjinal. Secara spesifik, Koalisi Aspirasi mendorong KPUD Sulsel memasukkan isu kelompok marjinal ke dalam materi debat," jelas Aci.

  • Bagikan