Ciptakan Wirausaha Melek Digital, Dosen UNM Gelar Pelatihan Economic AI dan Infografis di SMAN 4 Barru

  • Bagikan
Ketua tim Pengabdi UNM, Andika Isma (ist)

FAJAR.CO.ID, BARRU – Tim Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) melalui Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbudristek melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di SMAN 4 Barru pada Kamis-Jumat, 8-9 Agustus 2024. Kegiatan ini mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat Melalui Literasi Economic AI dan Pelatihan Infografis untuk Wirausaha Melek Digital dan Inklusif di SMAN 4 Barru."

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan peserta pelatihan pemahaman yang mendalam mengenai penerapan kecerdasan buatan ekonomi (Economic AI) dan teknik visualisasi data dalam mengembangkan produk atau layanan kewirausahaan yang inovatif dan inklusif. Program ini mengintegrasikan literasi digital berbasis AI ekonomi dan pelatihan visualisasi data ke dalam kurikulum kewirausahaan, dengan harapan meningkatkan kemampuan peserta pelatihan dalam berpikir analitis, kreatif, dan bertanggung jawab saat menghadapi tantangan pasar dengan solusi berkelanjutan dan adil.

Andika Isma, S.Pd., M.M., selaku Ketua Tim Pengabdi menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam dua tahapan. Pada Kamis, 8 Agustus 2024, tim memulai kegiatan dengan koordinasi dan persiapan, termasuk melakukan pertemuan dengan pihak sekolah dan memastikan semua materi serta teknologi siap digunakan. Pada hari pertama ini juga dilakukan orientasi kepada peserta pelatihan mengenai pentingnya literasi ekonomi dan pengenalan dasar AI.

Pada Jumat, 9 Agustus 2024, dilaksanakan kegiatan inti dengan sambutan dari Andika Isma, S.Pd., M.M., sebagai Ketua Tim Pengabdi dan Hasby, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala SMAN 4 Barru. Setelah sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan Pre-Test untuk mengukur pengetahuan awal peserta pelatihan sebelum pelatihan.

  • Bagikan