Peringati Hari Bhakti Postel ke 79, APJII Sulampua Gelar Turnamen Mobile Legend

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Badan Pengurus Wilayah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) memperingati Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi (Postel) yang ke-79 tahun.

Menuju peringatan Hari Postel 27 September, APJII mulai melakukan berbagai rangkaian kegiatan, misalnya “Mobile Legends Tournament.”

Ketua APJII Sulampua, Abdul Malik mengatakan bahwa kegiatan ini adalah rangkaian menuju hari Bhakti Postel tepatnya 27 September.

“Kita berharap kegiatan ini menjadi ajang silaturahmi dan refleksi kita terhadap masa lalu atas perjuangan orang-orang terdahulu memperjuangkan Postel agar tidak dikuasai oleh orang asing,” kata Malik.

Malik juga berharap agar kegiatan ini bisa berlangsung dengan aman dan sportif dan memegang teguh prinsip persaudaraan.

Sejarah Postel Indonesia

Tanggal 27 September yang setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Bhakti Postel oleh semua pegawai di jajaran pos dan telekomunikasi bertolak dari diambil-alihnya Jawatan PTT dari kekuasaan pemerintahan Jepang oleh putra putri Indonesia yang tergabung dalam Angkatan Muda Pos Telegraf dan Telepon yang disingkat AMPTT pada tanggal 27 September 1945.

Dengan digerakkan oleh Soetoko, AMPTT yang pada saat itu belum mempunyai pengurus, pada tanggal 3 September 1945 mengadakan pertemuan. Para pemuda AMPTT yang hadir dalam pertemuan tersebut antara lain Soetoko, Slamet Soemari, Joesoef, Agoes Salman, Nawawi Alif dan beberapa pemuda lainnya. Untuk merealisasikan pemindahan kekuasaan, dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa Kantor Pusat PTT harus sudah dikuasai paling lambat akhir bulan September 1945.

  • Bagikan