Sulsel Bersiap Sambut Musim Tanam

  • Bagikan
Pj Gubernur Sulsel Zudan pimpin apel kesiagaan pertanian

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bersiap menyambut musim tanam yang diperkirakan mulai bulan Oktober.

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Prof Zudan Arif Fakrulloh  memimpin apel kesiagaan pertanian.

Kata dia, sebagai dari yang selalu menjadi lumbung pangan nasional, Sulsel tentu saja harus selalu mempersiapkan diri untuk memaksimalkan produksi pangan.

“Kita Sulsel sebagai lumbung pangan nasional kita harus segera mempersiapkan diri untuk menyambut musim hujan,” ujarnya saat diwawancara Rakyat Sulsel, Rabu (25/9/2024).

Ia melanjutkan, persiapan itu dimulai dari persiapan sumber daya manusia penyuluh pertanian, hingga alat pertanian yang bakal menunjang kerja-kerja masyarakat petani selama menggarap lahannya untuk produktif.

Beberapa kebutuhan pertanian harus selalu siap, tentu saja produktivitas yang baik lahan menjadi harapan para petani dan pemerintah untuk menjamin ketersediaan pangan di Sulsel.

“Ada penyuluh ada pengendali organisme pengganggu tanaman. Kepala Dinas juga memberikan koordinasi. Harus kita persiapkan baik pupuknya, bibitnya kemudian alsintannya kemudian obat-obatan untuk membasmi hama tanaman, kita siapkan semua,” bebernya.

Bahkan kata dia, saat ini Sulsel juga tengah fokus pada beberapa komoditas, seperti Padi, Palawija, Jagung, Kedelai, Cabai, dan Tomat. 

Sementara Itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPH-Bun) Sulsel, Imran Jausi mengatakan, saat ini pihaknya berkoordinasi bersama dengan para petani Sulsel dalam memanfaatkan momentum ini.

  • Bagikan