Latihan Gabungan Urban SAR Tahun 2024 diadakan di Maros

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAROS - Latihan Gabungan Urban SAR Tahun 2024 resmi digelar di Kantor Bupati Maros dan gedung eks PDAM Maros mulai 2 - 3 Oktober 2024, dengan tujuan utama meningkatkan kesiapsiagaan dan koordinasi antar instansi dalam penanganan urban sar. Latihan ini melibatkan 20 personel dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Makassar serta 50 peserta dari berbagai instansi dan potensi SAR lainnya.

Andi Sultan, selaku Ketua panitia menyatakan bahwa latihan ini meliputi berbagai materi penting, seperti Substansi Basarnas yang memberikan pemahaman mendalam tentang peran dan fungsi Basarnas dalam operasi SAR, serta Tanggap Darurat saat Bencana dengan membekali peserta dengan langkah-langkah yang harus dilakukan segera setelah bencana terjadi.

"Diharapkan nantinya peserta akan memperoleh peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan bidang sar, sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang profesional dan mampu memahami standard operasional dalam pelaksanaan operasi sar khususnya urban sar," kata Andi Sultan.

Andi Sultan menambahkan bahwa dalam kegiatan ini ada materi pembelajaran mengenai manajemen posko. Dimana peserta dilatih untuk mengelola posko bencana, termasuk pengaturan logistik, komunikasi antarinstansi, dan koordinasi selama penanganan bencana.

"Manajemen posko adalah salah satu hal yang penting agar seluruh pihak yang terlibat dapat bekerja secara terpadu dalam menghadapi situasi darurat," tambah Andi Sultan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Makassar, Muhammad Arif Anwar, S.Sos., M.M., menyatakan bahwa latihan ini penting untuk memperkuat sinergi antar instansi yang terlibat dalam operasi SAR.

  • Bagikan