Pemprov Sulsel Siapkan Rp50 Miliar Anggaran untuk Program Beasiswa 2025

  • Bagikan
Prof Zudan Arif Fakrulloh

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Zudan Arif Fakrulloh, memberikan arahan pada Apel Pagi, Senin, 7 Oktober 2024.

Dia menyampaikan lima arahan penting yang harus dipegang teguh oleh para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam tiga bulan ke depan, atau jelang akhir tahun 2024 ini. "Semua hal ini tolong dipegang betul untuk dikerjakan," kata Prof Zudan.

Dalam arahannya, Prof Zudan menegaskan pentingnya pelaksanaan "plan do check" untuk meninjau target kinerja yang belum tercapai, pertanggungjawaban yang belum selesai, serta aspek-aspek perencanaan hingga evaluasi kegiatan guna mencapai kinerja maksimal.

Selanjutnya, Prof Zudan mengaitkan arahannya dengan Delapan Program Prioritas Pemerintah Provinsi Sulsel. Seperti penanggulangan kemiskinan, gizi buruk, dan peningkatan akses pendidikan.

Dia menekankan agar program-program ini diingat dan terintegrasi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Provinsi.

"Maka biar tidak lupa, perlu delapan progam prioritas ini dipasang di semua OPD untuk mengingatkan," tegasnya.

Pada poin ketiga, terkait pengembangan Sumber Daya Manusia, Prof Zudan menyoroti implementasi Peraturan Gubernur tentang beasiswa, dengan target agar semua yang sedang menempuh pendidikan S2 dan S3 mendapatkan beasiswa tahun ini. Hal ini juga mencakup perencanaan bidang-bidang studi yang dibutuhkan Pemerintah Daerah.

"Saya ingin yang sudah sekolah S2 dan S3 itu tahun ini semua dapat beasiswa, otomatis. Baru kemudian yang baru, didesain di Pemprov Sulsel ini perlu bidang apa, itu yang diberi beasiswa. Yang memang prodinya dibutuhkan oleh Pemda, apakah itu ilmu data sains, perencanaan wilayah atau resiko bencana misalnya," tuturnya.

  • Bagikan