Tahun 2020, BPJamsostek Catat 397 Kecelakaan Kerja di Sulsel

Senin, 8 Maret 2021 22:27

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Demi mendukung kampanye Bulan K3 Nasional Tahun 2021 BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Wilayah Sulawesi Maluku turut berpartisipasi aktif mendukung edukasi pentingnya penerapan K3 dalam lingkungan kerja dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dan Survey K3, Senin (8/3/2021).

Asisten Deputi Wilayah Bidang Pelayanan selaku Pps. (Pejabat Pengganti Sementara) Deputi Direktur Wilayah BPJamsostek Sulawesi Maluku, Brian Aprinto, di tengah-tengah acara menjelaskan bahwa kegiatan FGD dan survey K3 digelar dalam rangka membangun kesadaran K3 bersama para stakeholder.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Sulsel yang diwakili oleh Kepala Seksi Pembinaan Norma K3 Dinas Ketenagakerjaan Propinsi Sulsel, Giawan Lussa, serta dari pihak perusahaan antara lain PT. Eastern Pearl Flour Mills, PT. Semen Tonasa, PT. Traya Tirta Makassar, PT. Mallindo, Kalla Devcon, dan Fakultas Teknik UNHAS.

Rangkaian kegiatan diawali dengan diskusi terkait Pelaksanaan Budaya K3 di Berbagai Sektor Usaha Provinsi SulSel dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Lomba Karya Tulis K3 Prov. Sul-Sel Tahun 2021. Selanjutnya dilakukan survey Hazard Risk Assesment di Lingkungan Kerja kepada seluruh peserta FGD.

“Kegiatan FGD dan survey K3 ini diselenggarakan dalam rangkaian peringatan bulan K3 Nasional 2021 di Propinsi Sulawesi Selatan. Disamping kegiatan FGD, Disnakertrans bersama BPJAMSOSTEK bersama perusahaan lainnya juga menyelenggarakan kompetisi Karya Tulis tentang perilaku K3 yang diikuti oleh 16 (Enam Belas) Peserta dari berbagai unsur masyarakat dengan mengusung Tema penerapan Praktis K3 di Tempat Kerja,” jelas Brian.

Brian berharap melalui lomba karya tulis K3 ini akan menumbuhkan minat dan kesadaran dari pelajar, mahasiswa, masyarakat, pekerja serta perusahaan untuk memiliki kesadaran terhadap budaya kesehatan dan keselamatan kerja serta berdampak pada peningkatan kualitas SDM di sulsel yang akan membawa kepada perbaikan taraf kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi di Sulsel.

Komentar

VIDEO TERKINI