Besok, Pemprov Sulsel akan Adakan Musrenbang RKPD 2022

Rabu, 7 April 2021 22:34

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) akan mengadakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022 di Hotel Claro Makassar, Kamis (8/4/2021).

“Beberapa agenda penting tentunya adalah bagaimana mendorong pemanfaatan potensi untuk kebangkitan ekonomi,” kata Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sulsel, Junaedi, kepada Fajar.co.id, Rabu, (7/4/2021).

Lebih lanjut kata Junaedi, tema Musrenbang RKPD untuk 2022 adalah inovasi pemanfaatan potensi dan sumber daya alam untuk kebangkitan ekonomi Sulsel.

“Kita memilih kebangkitan, karena kita tentunya sudah optimis bahwa Sulsel ini sudah melewati fase-fase yang kita katakan fase konstraksi atau fase kristis dimana pertumbuhan ekonomi kita tumbuh di bawah nol atau tumbuh minus,” jelas Edi sapaan akrabnya.

Menurutnya, Pemprov telah berkomitmen untuk di tahun 2021 sudah tumbuh positif.

Lebih lanjut, kata Edi, yang menjadi sasaran dipasca kebangkitan ekonomi secara prioritas, yang pertama yakni mendorong bagaimana kebijakan hirilisasi, pemanfaatan potensi sumber daya alam itu tetap bisa bergerak di 2022.

“Kedua adalah bagaimana membangun konektivitas dan infrastruktur yang terpadu antara daerah-daerah sentra produksi termasuk tentunya daerah-daerah yang masih terisolir,” imbuhnya.

Kemudian yang ketiga adalah pelayanan kesehatan tetap menjadi prioritas. Yang keempat adalah pariwisata.

“Yang paling penting adalah di tahun 2022 nanti ke depan adalah bagaimana mendorong apa kemandirian fiskal daerah,” bebernya. (selfi/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI