KM Dharma Kartika Layani Rute Makassar-Selayar dan Selayar- Bau Bau

Rabu, 14 April 2021 13:10

Manajer PT DLU Cabang Makassar, Budiono

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Kabar baik bagi warga Kepulauan Selayar. Dalam waktu dekat, PT Dharma Lautan Utama (PT DLU) akan membuka akses pelayaran Makassar- Selayar dan Selayar- Bau Bau.

Rencananya KM Dharma Kartika 3 yang selama ini berlayar dari Makassar ke Bau Bau akan transit di Pelabuhan Pamatata (Selayar). Rute ini akan dibuka sekali dalam seminggu.

“Kapal ini berlayar setiap Jumat dan Selasa malam dari Makassar ke Bau Bau. Nanti kita transitkan di Selayar mungkin sekali dalam seminggu,” kata Manajer PT DLU Cabang Makassar, Budiono, Rabu (14/4/2021).

Budiono menyebutkan KM Dharma Kartika III bisa mengangkut sampai 500 penumpang. Adapun untuk tujuan Selayar, pihaknya memperkirakan maksimal 100 penumpang.

“Khusus untuk logistik tujuan Selayar atau sebaliknya bisa sampai tiga truk. Ini bisa dimanfaatkan pengusaha yang ingin mengirim logistik ke Selayar atau sebaliknya dari sana ke Makassar dan Bau Bau,” sebutnya.

PT DLU sendiri berkomitmen mendukung program tol laut yang digagas Presiden Joko Widodo. Terutama membuka akses pelayaran di Indonesia Timur.

Sebelumnya, melalui anak usahanya PT Dharma Dwipa Utama (DDU) telah dibuka jalur pelayaran Pelabuhan Garongkong (Barru) ke Pelabuhan Paciran Lamongan (Jatim) dengan KM Dharma Kencana. Rute ini bisa menjadi alternatif masyarakat Sulsel yang ingin ke Jawa dan sebaliknya. Termasuk untuk pengiriman logistik.

Rute lainnya yang telah dilayani PT DLU adalah Makassar-Surabaya (KM Dharma Kencana VII), Makassar- Bau Bau (KM Dharma Kartika III), Makassar-Batulicin (KM Dharma Ferry 3) dan Parepare- Balikpapan (KM Kirana). (msn/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI