Cegah Masuknya Barang Terlarang, Lapas Narkotika Sungguminasa Gunakan X-ray

Minggu, 16 Mei 2021 18:04

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Dalam mencegah masuknya barang terlarang khususnya narkotika ke dalam Lapas, Petugas Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Sungguminasa menggunakan Abaka Smartcard Reader dan X Ray tiga dimensi yang dioperasikan oleh petugas penerima titipan barang.

Kalapas Narkotika, Yusran Saad mengungkapkan bahwa abaka smartcard reader digunakan secara khusus untuk membaca data orang yang tersimpan dalam chip KTP elektronik (KTP-el) dan dengan proses verifikasi menggunakan foto dan sidik jari pemegang KTP-el, sehingga dapat diketahui identitas pengunjung yang menitipkan barang untuk Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) .

Selanjutnya data pembesuk yang membawa barang titipan tersebut diintegrasikan ke data registrasi WBP yang ada dalam sistem data base pemasyarakatan (DDP)

Menurut Yusran, identitas pembawa barang titipan dapat diketahui sesuai dengan data KTP-el dan WBP yang dikunjungi juga diketahui oleh petugas kunjungan. “Tujuannya jika ada barang bawaan yang tidak sesuai aturan , maka akan mudah menelusurinya,” Kata Yusran.

Selanjutnya barang titipan untuk WBP juga diperiksa dengan mesin xray tiga dimensi.

Saat lebaran ini, lanjut Yusran, terjadi lonjakan peningkatan barang titipan untuk WBP dari keluarga mereka. Maka, menurut Yusran, untuk antisipasi cegah antrean panjang dan peningkatan pengamanan saat Idulfitri, pihaknya menambah petugas serta menggunakan smart card reader dan X Ray. “Selain itu juga koordinasi dengan Polri dan TNI setempat,” Kata Yusran.

Kakanwil Kemennkumham Sulsel, Harun Sulianto yang menyaksikan langsung proses penitipan barang di Lapas Narkotika, mengapresiasi pengoperasian Abaka Smardcard Reader dan X ray tiga dimensi. “Ini salah satu bukti dari komitmen jajarannya dalam pencegahan , Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika,” Kata Harun. (rls/fajar)

Komentar

VIDEO TERKINI