Sukses Belajar Daring dengan Peningkatan Literasi Digital

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, WAJO – Sebanyak 965 peserta antusias mengikuti Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi, yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Siberkreasi bersama Dyandra Promosindo, dilaksanakan secara virtual pada 21 Juli 2021 di Wajo, Sulawesi Selatan.

Kolaborasi ketiga lembaga ini dikhususkan pada penyelenggaraan Program Literasi Digital di wilayah Sulawesi. Adapun tema kali ini adalah “Menjaga Kualitas Belajar dari Rumah”.

Program kali ini menghadirkan empat narasumber yang terdiri dari penulis & peneliti Balai Bahasa Sulsel Darmawati Majid, fasilitator Forum Anak Sulsel Badrul Aeni Sultan, Dosen Universitas Sam Ratulangi Reynaldo Salaki, dan Program Manager ECPAT Indonesia Andy Ardian. Adapun yang bertindak sebagai moderator adalah Rosniawati selaku Jurnalis. Rangkaian Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital” di Sulawesi menargetkan peserta sebanyak 57.550 orang.

Pemateri pertama adalah Darmawati yang membawakan materi kecakapan digital dengan tema “Belajar dari Rumah”. Menurut dia, kesabaran, kepedulian, dan komitmen orang tua berperan penting dalam mendukung kesuksesan belajar peserta didik dengan menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan.

Berikutnya, Badrul menyampaikan materi etika digital berjudul “Perundungan Siber”. Ia mengatakan, penting untuk memberikan kepercayaan kepada anak dan memberikan kesempatan menjadi apa yang dia inginkan. “Jangan lupa juga tanamkan etika dan sopan santun untuk mengindari perundungan siber,” pesan Badrul.

  • Bagikan