Bupati ASA Harap BUMP Tingkatkan Kesejahteraan Petani

  • Bagikan

Terbentuknya BUMP di desa juga diharapkan bisa bermitra dengan Pemerintah Desa dalam rangka penguatan modal atau bisa manfaatkan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam rangka penguatan modal.

Kamaruddin menambahkan, tahun depan pihaknya merencakan untuk menggelar pelatihan kewirausahaan bagi seluruh pengurus BUMP untuk menumbuhkan jiwa semangat berusaha.

“Harapan kita kehadiran BUMP bisa memudahkan petani apa yang menjadi kebutuhannya dan bagaimana BUMP bisa menjadi penyedia untuk kebutuhan sarana produksi terkait dengan sektor tanaman pangan hortikultura dan perkebunan,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati ASA berharap dengan adanya BUMP produktivitas petani di Kabupaten Sinjai bisa lebih tinggi dan berdaya saing serta dapat menjadi integrasi antar petani dalam bergerak secara kolektif.

“BUMP merupakan penguatan kelembagaan ekonomi petani dari kumpulan beberapa gabungan kelompok tani. Selain bergerak dalam kelembagaan ekonomi juga bergerak dalam pemberdayaan petani sehingga kita punya harapan, petani bisa meningkatkan produktivitasnya dan stabilitas pangan dapat tercapai,” pungkasnya. (rls)

  • Bagikan