Bernilai Rp26 Miliar, Program Prioritas NA-Andalan Dilanjutkan Tahun Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan melanjutkan dua pembangunan rest area, yakni di Kabupaten Sidrap dan Jeneponto.

Pembangunan dua rest area ini merupakan salah satu program prioritas Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman yang dijanjikan kepada masyarakat saat Pemilihan Gubernur 2018 lalu.

Kedua proyek ini menelan anggaran Rp26 miliar. Rp9 miliar untuk rest area Sidrap, dan Rp17 miliar untuk rest area Jeneponto.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Sulsel, Astinah Abbas mengatakan, pengerjaan tahun ini merupakan tahap perampungan setelah tahun sebelumnya tidak selesai.

"Sidrap dan Jeneponto, masih ada (lanjutan), sudah ada (pengerjaan) tapi tidak tuntas, yang kita laksanakan sesuai dana yang dialokasikan tahun 2021," ucap Astinah, Selasa (18/1/2022).

Adapun bagian yang telah dikerjakan meliputi food court, michi no eki, musala, water tank, dan sebagian akses jalannya.

Astina menambahkan, fokus pembangunan untuk tahun ini yakni akses jalan, parkiran, gedung pertemuan dan galeri seni budaya.

Selain itu akan dihadirkan pula ruang klinik dan bengkel, plaza, kolam renang, pos jaga, tempat foto, dan sambungan air hingga lampu penerangan.

Rest area yang berlokasi di Jeneponto, tepatnya di daerah Karamaka Kecamatan Bangkala. Rest area tersebut akan dibangun diatas lahan 5 hektare.

Astinah menambahkan, fungsi utama dari rest area tersebut yakni sebagai tempat persinggahan atau transit.

Selain itu juga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dengan memberdayakan UMKM. Sehingga selain menjadi tempat istrahat juga menjadi pusat kerajinan dan oleh-oleh.

  • Bagikan