Bikin Geram! Parkir di Kawasan Malioboro Yogyakarta Harus Bayar Rp350 Ribu

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, YOGYAKARTA — Beredar di media sosial Instagram, pemilik akun @merapi_uncover mengunggah keluhan pembayaran biaya parkir di Jalan Malioboro, Yogyakarta senilai Rp350 ribu.

Dalam unggahan itu disebutkan bahwa dirinya selaku wisatawan lokal, juga dikenakan biaya pemakaian kamar mandi, cuci bis, dan kebersihan lainnya. Semuanya total Rp350 ribu yang ditulis dalam selembar kwitansi.

Berikut keterangan dari unggahan itu.

Assalamualaikum…Kami hanya wisatawan lokal, tidak ada niat atau bermaksud jelek terhadap kota Jogja. Hanya kami ingin bertanya;

“Apakah wajar parkir di wilayah sekitar Malioboro, Jogja, (Tepatnya di belakang Hotel Premium Zuri), dengan biaya parkir sebesar Rp350.000,- (Tiga ratus lima puluh ribu) hanya untuk sekitar 2 jam setengah?”

Kami datang jam 9 malam dan pulang sekitar jam 10.30 malam, karena itu destinasi kami terakhir ke wisata Jogja. Niatnya cuma mau beli oleh-oleh.

Di kwitansi ada biaya lain-lain. Seperti cuci bus dan kebersihan. Dan kami tahu persis di situ tidak ada kegiatan cuci mencuci bus atau kendaraan apa pun.

Kami numpang sholat dan toilet. Itupun ada kotak di depannya, kami pun bayar seperti di toilet umum lainnya yg ada di Indonesia yaitu sebesar Rp2000.

Semoga pihak terkait merespons keluhan saya ini. Maksud saya agar supaya citra wisata di Jogja khususnya di Malioboro tidak tercoreng oleh segelintir orang/oknum yang tidak bertanggungjawab.

Terkait hal itu, Pemkot Yogyakarta tengah mendalami keluhan tersebut. Termasuk berkoordinasi dengan pihak terkait, salah satunya kepolisian.

Pihaknya juga enggan berspekulasi lebih jauh terkait siapa yang melakukan pungutan parkir dengan harga selangit itu. Apakah operator bus atau pihak lain yang ingin mencari untung namun merugikan masyarakat. (ishak/fajar)

  • Bagikan