Sulsel Pusat Pemasaran UMKM di Indonesia

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Provinsi Sulawesi Selatan akan menjadi pusat promosi produk UMKM. Sejumlah produk akan dipasarkan di Makassar.

Itu setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku akan menggelar event akbar bertajuk Maluku Baileo Exhibition 2022 di Makassar. Rencananya, event tersebut akan diselenggarakan selama tiga hari yakni pada 4-6 Februari 2022 mendatang.

Ketua TGUPP Provinsi Maluku, Hadi Basalamah, yang juga penanggung jawab acara, mengatakan, eksibisi tersebut bertujuan untuk mempromosikan produk UMKM agar mendapat pasar lebih luas, tidak hanya di Maluku. Tapi juga Sulsel sebagai hub Indonesia Timur.

Ia menyebut, pihaknya akan melibatkan 65 UMKM dari Maluku. Mereka akan membawa sedikitnya 250 item produk UMKM.

“Di masa pandemi saat ini salah satu sektor yang harus didorong adalah UMKM,” ujar Hadi Basalamah saat ditemui awak media di Kantor Gubernur, Kamis (20/1/2022).

Tak hanya itu, melalui event tersebut pula, Pemprov Maluku juga akan menjajaki kerjasama sektor unggulannya dengan Pemprov Sulsel. Diantaranya sektor perikanan, pariwisata, pertanian, pertambangan.

“Potensi kedua provinsi ini besar, dana akan lebih besar jika keduanya bersinergi dalam berbagai agenda dan berbagai sektor lainnya,” sebut Hadi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Maluku, Syuryadi Sabirin mengungkapkan, pihaknya menyiapkan agenda one on one meeting berkoordinasi dengan Kementerian Investasi untuk mendatangkan investor asing maupun lokal.

“Kenap kita gelar acara ini di Makassar, karena Provinsi di bagian timur harus kompak, untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita di Indonesia,” imbuh Syuryadi. (ikbal/fajar)

  • Bagikan