Ancaman Omicron Meningkat, Sri Mulyani Optimis Pertumbuhan Ekonomi Nasional Masih di Jalur Positif

  • Bagikan
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tetap optimis pertumbuhan ekonomi nasional masih akan tetap berada di jalur positif pada kuartal I 2022. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meyakini, ekonomi Tanah Air masih lebih baik dibandingkan kuartal I sebelumnya, meskipun angka kasus Covid-19 dan ancaman Omicron masih terus meningkat.

“Proyeksi nanti kita lihat, tapi kita yakin pasti lebih baik dari kuartal I 2021, tentu saja kita berharap sisa 2 bulan ini,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (2/2).

Menurutnya, penanganan Covid-19 yang baik dan efektif akan membuat aktivitas ekonomi tetap stabil. Sehingga roda perekonomian rakyat tetap berputar meskipun dibayangi oleh varian Omicron. Pencegahan melalui protokol kesehatan Covid-19 harus dilaksanakan dengan disiplin agar pemerintah tidak kembali mengambil rem darurat.

“Omicron akan mengalami puncak. Pemerintah tetap bisa menangani secara baik. Masyarakat turut mencegah, dan kegiatan ekonomi tetap terjaga,” ucapnya.

Sri Mulyani menyebut, rasa optimisme tetap ada selama tidak ada pembatasan mobilitas masyarakat seperti waktu varian Delta merebak di kuartal III 2021 lalu. Apalagi, jika dilihat dari karakternya, gejala varian Omicron tidak berbahaya seperti varian Delta.

Pemerintah sendiri, kata Sri Mulyani akan terus memantau dan memonitor situasi yang dievaluasi setiap minggunya. Tujuannya, agar dapat membuat aktivitas ekonomi dan kegiatan masyarakat tetap berjalan.

Sri Mulyani menambahkan, akselerasi vaksinasi pun saat ini makin ditingkatkan mulai dari vaksinasi untuk anak-anak hingga vaksinasi dosis ketiga atau booster sejak 12 Januari 2022.

  • Bagikan