KSP Sebut Bambang Susantono dan Donny Rahajoe Sosok yang Konprehensif Mengelola IKN Nusantara

  • Bagikan
Ilustrasi desain kantor istana kepresidenan yang akan dibangun di ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur. Tahapan pembangunan rencana dimulai tahun ini. (NYOMAN NUARTA/AFP)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Bambang Susantono dan Donny Rahajoe sebagai kepala dan wakil kepala Otoritas Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kamis (10/3). Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wandy Tuturoong memastikan Bambang Susantono dan Donny Rahajoe sosok yang komprehensif untuk mengelola IKN Nusantara.

“Kalau lihat dari pengalamannya Pak Bambang kan cukup komprehensif ya. Dia punya keahlian di bidang transportasi perkotaan sama infrastruktur juga punya pengalaman di pemerintahan, Wakil Menteri,” kata Wandy kepada wartawan, Kamis (10/3).

Selain pada tingkat nasional, karier Bambang Susantono pada ranah internasional juga dinilai cukup kuat. Bambang kini tengah menjabat sebagai Wakil Presiden Bidang Manajemen dan Pembangunan Berkelanjutan Asian Development Bank (ADB).

“Saya kira memang sulit mencari orang seperti ini, saya kira Pak Bambang cukup komplet, pengalamanya cukup. Jadi, orang yang tepat,” ungkap Wandy.

Sementara itu, lanjut Wandy, pengalaman Donny Rahajoe juga tak kalah cemerlang. Donny yang merupakan petinggi perusahaan Sinar Mas Land diyakini mampu menata kota IKN Nusantara.

“Kalau Pak Donny kita lihat BSD (Bumi Serpong Damai) ya, karena kan BSD itu kan kota satelit paling sukses kalau bisa dibilang, saya ndak tahu ada nggak sesukses BSD. Saya kira pengalamannya cukup lah,” ucap Wandy.

Sosok Bambang dan Donny yang merupakan dari kalangan profesional dan nonpartai diharapkan mampu menata kota IKN Nusantara. Sehingga keduanya dianggap mampu mengelola anggaran yang besar untuk menata kota IKN Nusantara.

  • Bagikan