LBK: Hamka B Kady Wujudkan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Pompa di Desa Kampili, Kabupaten Gowa

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, GOWA -- Tenaga Ahli Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady, Lukman B Kady menggelar sosialisasi Rehabilitasi Jaringan Irigasi Pompa di Desa Kampili, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Kamis (10/3/2022).

Lukman B Kady menyampaikan, dalam rangka mendukung pemantapan ketahanan pangan nasional, maka pemerintah telah melaksanakan serangkaian upaya yang bertitik tolak pada sektor pertanian.

"Untuk meningkatkan kinerja jaringan dan mengoptimalkan produksi pertanian, maka diusulkan untuk melakukan rehabilitasi di Kampili Kabupaten Gowa," paparnya.

Berdasarkan hasil penelusuran aset irigasi ditemukan kerusakan yang memerlukan tindak lanjut untuk mengembalikan fungsi prasarana irigasi yaitu kerusakan pompa dan saluran irigasi di Desa Kampili, Pallangga, Kabupaten Gowa.

Nilai anggaran proyek ini senilai Rp 4,2 miliar yang bersumber dari APBN 2022. Pengerjaannya yakni pompanisasi meliputi, pipa sepanjang 900 meter, serta sumber energi solar cell.

"Ini murni hasil aspirasi Hamka B Kady di DPR. Tanpa upaya beliau, rehabilitasi jaringan irigasi pompa desa Kampili, Kabupaten Gowa tidak akan ada," ungkap Lukman.

Ia menceritakan, ketika itu kepala desa mengeluh bahwa warga desa Kampili tidak menikmati aliran air irgasi ini ke sawah mereka.

"Sehingga beberapa kali kita ketemu, saya urus berkasnya hingga ke Jakarta, Alhamdulillah jadi ini proyek," tegasnya.

Irigasi ini bertujuan untuk menyediakan sarana dan prasarana untuk menjamin ketersediaan air untuk mengairi areal 200 ha. (ikbal/fajar)

  • Bagikan