Nelayan di Sulsel Keluhkan Kelangkaan Solar, RMS Janji Perjuangkan di Pusat

  • Bagikan
Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Rusdi Masse (RMS)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Rusdi Masse (RMS) berjanji kepada nelayan untuk memperjuangkan keluhan yang dialami selama ini.

RMS mengatakan, pihaknya bersama Komisi D DPRD Sulsel, telah menerima rekomendasi dari pihak nelayan. Aspirasi nelayan akan disampaikan langsung dengan Menteri KKP.

"Tadi kita sudah dengarkan semua, sudah mendapat rekomendasinya, dan saya akan perjuangkan di pusat," kata RMS akronimnya.

Ketua DPW Nasdem Sulsel mengatakan, ada banyak keluhan nelayan yang disampaikan. Seperti asuransi, kelangkaan solar, dan administrasi bagi nelayan sebelum melaut.

"Seperti misalnya, asuransi nelayan, kuotanya itu cuma berapa ribu, padahal nelayan di sulsel banyak, makanya akan kami tambah," lanjutnya.

Khususnya pelayanan SPB yang menjadi keluhan utama nelayan. Pihaknya akan meminta kepada KKP untuk membuka pelayanan di pelabuhan Paotere

"Karena mereka (nelayan) lebih sering masuk pelabuhan Paotere, padahal pelayanan SPB nya itu ada di Untia," jelasnya

"Kebetulan tanggal 29 Maret akan datang, saya RDP dengan KKP. Maka itulah yang akan nanti saya akan sampaikan ke pihak kementerian," sambungnya.

Terkait kelangkaan solar, RMS tak berkomentar banyak. Ia mengatakan, hal ini tidak hanya terjadi di laut, namun juga di darat.

"Kalau kelangkaan solar, yah bukan cuma nelayan yang mengalami, tapi juga sopir-sopir truk," katanya.

Sehingga, pihaknya akan mengusul ke pemerintah pusat, untuk membangun SPBU di pulau yang padat penduduk nelayan.

"Nelayan usulkan, agar di semua pulau padat nelayan agar dibuat SPBU, agar akses mendapat solar lebih mudah," pungkasnya.

  • Bagikan