Pemahaman Apa Itu Metaverse? Bagaimana Cara Kerjanya…

  • Bagikan
Ilustrasi Metaverse

FAJAR.CO.ID - Metaverse adalah istilah yang merujuk pada dunia virtual di mana pengguna bisa melakukan segala macam aktivitas. Teknologi ini layaknya kehidupan nyata dan bisa diakses dengan syarat-syarat tertentu.

Namanya pun semakin trending setelah Mark Zuckerberg mengumumkan penggantian nama perusahaan teknologi miliknya, Facebook, menjadi Meta yang terinspirasi dari nama jagat semesta maya baru tersebut.

Bahkan, metaverse dalam kripto kini jadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Tak hanya dari kalangan pebisnis, para artis juga ikut memeriahkan sebagai bentuk investasi.

Lalu, apa itu metaverse? Bagaimana cara kerja? Apakah ini pertanda bahwa era teknologi akan semakin maju menuju puncak kejayaannya? Berikut ulasan selengkapnya!

Apa itu Metaverse?

Metaverse adalah dunia komunitas virtual yang dibangun saling terhubung satu sama lain, di mana orang dapat bertemu, bekerja, dan bermain, bahkan bertransaksi jual-beli layaknya dunia nyata berkat bantuan teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

Istilah "metaverse" ditemukan di beberapa novel Sci-Fi jadul, misalkan saja Snow Crash garapan Neal Stephenson yang rilis pada 1992, atau yang terbaru seperti Ready Player One karya Ernest Cline pada 2011.

Konsep dunia komunitas virtual ini sebenarnya bukan hal yang baru. Sejak kemunculan dan perkembangan internet di tahun 1990-an, beragam komunitas online bermunculan lewat beberapa platform media sosial yang eksis saat itu, contohnya AOL Instant Messenger.

Perkembangan internet yang kian pesat juga mendukung kemunculan game-game berbasis dunia virtual. Game yang pertama muncul adalah World of Warcraft yang berjaya pada awal dekade 2000-an.

  • Bagikan