Haris Azhar dan Fatia Tersangka, Dua Politisi Demokrat Kecam Luhut

  • Bagikan
Haris Azhar dan Fatia

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Direktur Lokataru Haris Azhar dan Koordinator Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Fatia Maulidiyanti telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya.

Kasusnya terkait dugaan pencemaran nama baik dan fitnah penyebaran berita bohong terhadap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Penetapan tersangka ini menuai sorotan. Tak sedikit yang menilai bahwa kasus penetapan ini membungkam demokrasi.

Dua politisi demokrat Syariah Nasution dan Irwan Fecho mengecam Luhut dan menyatakan dukungannya terhadap Haris Azhar dan Fatia.

Syariah menyebut kasus pembungkaman kebebasan berpendapat tersebut merupakan hal yang memalukan. Dia bahkan menyebut Luhut sebagai penyebar hoax.

“Saya bersama Haris dan Fatia.
Menggunakan kekuasaan membungkam kebebasan berpendapat, memalukan. Penyebar HOAX big data justru dianggap bagian dari demokrasi. #Shame #MosiTidakPercaya #KamiBersamaHarisFatia,” tulisnya melalui akun twitternya, Senin, (21/3/2022).

Senada dengan itu, Irwan Fecho mengatakan, memenjarakan Haris dan Fatia sama halnya memupuk subur oposisi.

Dia menyebut, tersangkanya Haris dan Fatia bukti rezim otoriter menolak partisipasi rakyat dalam pemerintah.

“Oposisi itu keniscayaan dalam demokrasi. Memenjarakan Haris dan Fatia justru pupuk subur bagi oposisi. Penguasa yang membungkam keterlibatan oposisi adalah rezim otoriter yang menolak partisipasi rakyat dalam pemerintahan. #KamiBersamaHarisFatia,” jelasnya. (selfi/fajar)

  • Bagikan