Beri Penguatan Kepala UPT, Liberti Sitinjak Ingatkan Pentingnya Target Kinerja

  • Bagikan
IST

Fajar.co.id, Makassar – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Liberti Sitinjak beri penguatan tugas dan fungsi kepada seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Sulsel, di Aula Lapas Makassar, Sabtu (26/03).

Hal utama yang dibahas Kakanwil dalam arahan kali terkait dengan target kinerja berkorelasi denganVisi misi organisasi dan Renstra.

"Untuk dapat mencapai target kinerja, terlebih dahulu harus memahami visi dan misi. Visi adalah mimpi besar. Kalau kita lihat pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, kata kuncinya adalah mewujudkan masyarakat indonesia yang adil dan makmur. Berdasarkan itulah bagaimana karakter kita dibentuk,” kata Liberti

Selanjutnya disampaikan oleh Kakanwil, untuk dapat mewujudkan visi, harus menentukan apa misi yang akan dikerjakan. “Contohnya yaitu menciptakan manusia mandiri di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) atau melayani publik untuk mendapatkan kepuasan di Kantor Imigrasi (Kanim)," ujar Kakanwil memberi contoh dalam mengaplikasikan misi organisasi.

Selain menjelaskan visi misi organisasi, Liberti Sitinjak juga memberi pemahaman terkait rencana strategis (Renstra) organisasi

Menurut Liberti renstra tidak mungkin dicapai sekaligus dikarenakan sumber daya yang terbatas. Untuk itu, perlu dibuatkan skala prioritas dalam renstra.

"Renstra merupakan penentu pembangunan jangka menengah dan panjang organisasi," kata Kakanwil

"Langkah selanjutnya barulah membuat rencana kerja (renja) seauai dengan DIPA," lanjut Kakanwil

Liberti Sitinjak selanjutnya mengingatkan jajarannya untuk dapat memahami hal tersebut, agar target kinerjanya dapat tercapai.

  • Bagikan