5 Tips Memilih Payroll Software untuk UKM

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Keuangan adalah salah satu hal terpenting untuk setiap perusahaan atau bisnis termasuk UKM (Usaha Kecil Menengah). Berbicara mengenai keuangan bisnis maka tak akan terlepas dari pembicaraan tentang salah satu pengeluaran yang dilakukan setiap bulannya yaitu membayarkan upah karyawan.

Agar akurat dan efektif, pemilik UKM pun sebaiknya mempertimbangkan penggunaan payroll software bagi karyawan mereka. Untuk mendapatkan payroll software terbaik bagi sektor UKM, perhatikan cara dan tips berikut ini:

1. Evaluasi Kebutuhan Bisnis

Tidak ada bisnis yang sama persis, karenanya perusahaan harus terlebih dahulu mengevaluasi dan mengetahui dengan pasti apa saja kebutuhan bisnisnya. Payroll software yang cocok atau disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan akan memberikan dampak yang sangat besar.

Saat memilih aplikasi penggajian, ada beberapa poin yang harus perusahaan pertimbangkan:

  • Besarnya bisnis UKM yang akan terkait dengan pengelolaan waktu dan sumber daya
  • Budget yang tersedia untuk penggunaan payroll software
  • Tingkat kenyamanan dan kemudahan aplikasi yang sesuai dengan peraturan yang sah menurut undang-undang

2. Pertimbangkan Fitur Payroll software

  • Pengarsipan Pajak

Baik kecil ataupun besar, setiap bisnis perlu akurat dalam mendokumentasikan atau mengarsipkan informasi dan detail pajak setiap karyawannya. Mengingat kebijakan pemerintah mengenai ketentuan pajak sering berubah, pastikan penyedia aplikasi yang Anda pilih bisa terus update sehingga membantu perusahaan menyelesaikan urusan perpajakan.

  • Halaman/Dashboard Karyawan

Dashboard karyawan memungkinkan karyawan untuk mengelola data mereka sendiri. Hal ini menyederhanakan proses dan memudahkan pekerjaan HRD karena mereka tidak harus bolak-balik berkomunikasi satu sama lain untuk pengisian informasi yang bersifat personal seperti data diri, nomor KTP, nomor rekening dan sebagainya.

  • Bagikan