5 Tips Memilih Payroll Software untuk UKM

  • Bagikan
  • Pengiriman Gaji Secara Langsung

Dalam perkembangan dunia bisnis saat ini, pengiriman gaji secara langsung atau otomatis akan sangat mempermudah proses dan meringankan pekerjaan banyak pihak. Bagian keuangan misalnya, tak perlu lagi pergi ke Bank untuk mengurus satu per satu gaji karyawan yang akan memakan tenaga dan waktu.

3. Integrasi HR dengan Divisi Lain

Ada banyak keuntungan penggunaan payroll software bagi tim HR. Di antaranya adalah menghemat waktu komunikasi antar divisi, menghemat tenaga dan bahkan pengeluaran lain seperti penggunaan kertas untuk proses penggajian.

Sektor bisnis UKM juga sebaiknya mempertimbangkan untuk memilih aplikasi yang bisa berintegrasi dengan sistem lain seperti software akuntansi. Hal ini akan mengeliminasi atau mengurangi kemungkinan terjadinya error dan resiko miss communication antar divisi yang bekerja sama.

4. Evaluasi Budget VS Fungsi yang Didapatkan

Jangan karena perusahaan memiliki dana (budget) terbatas akhirnya memutuskan untuk memilih payroll software seadanya. Semakin murah aplikasi tersebut maka semakin banyak proses manual yang harus dilakukan.

Payroll software karyawan yang ditarifkan dengan harga agak mahal justru akan menghemat pengeluaran perusahan di masa depan. Akurasi yang lebih baik bisa menghemat pengeluaran upah atau pajak, serta mengatasi kesalahan dan dampak dari kesalahan yang dilakukan oleh SDM.

Perusahaan bisa menghemat upah SDM karena ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan oleh satu orang saja dengan mudah dan cepat, cukup mengandalkan fitur-fitur yang tersedia pada payroll software (payroll software).

  • Bagikan