DLH Makassar Ajukan Tender untuk Alat Berat Operasional TPA

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar sementara mengajukan tender untuk membeli dua alat berat atau ekskavator sebagai alat operasional di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Tamangapa.

Plt Kabid Persampahan dan Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Kahfiyani mengatakan pihaknya akan mengajukan tender April ini dan sembari melengkapi dokument lelangnya.

Kahfiyani menuturkan kondisi alat itu di TPA memang bermasalah. Kalau rusak, maka langsung berdampak pada 200 unit truk pengangkutnya.

"Otomatis kalau rusak, berhenti juga operasional," kata Kahfiyani, Senin, (18/4/2022).

Ia juga mengaku saat ini alat-alat tersebut sementara diperbaiki. Dengan kondisi itu maka pihaknya sudah menganggarkan alat berat baru untuk membackup kondisi di TPA.

Dari jumlahnya di sana, ia akui cukup banyak. Tetapi banyak pula yang rusak. Sementara yang dipakai saat ini tinggal tiga sampai empat unit saja.

Ditanya berapa totalnya ia tidak tahu persis.

"Sebenarnya untuk operasional seperti ini pihak TPA yang lebih tahu, administrasinya. Sedangkan, posisinya, DLH membantu TPA," ujarnya.

"Tahun ini ada pengadaannya, insyaallah bulan April ini sudah," sambungnya, memastikan.

Setelah dua unit dianggarkan, selanjutnya pada perubahan bakal dianggarkan lagi.

Padahal, tahun lalu, dia menjelaskan, sebenarnya sudah ada rencana pengadaan hanya waktu mepet maka tidak jadi. Apalagi, pengadaan itu harus ada barangnya dibayar yang mana merupakan aturannya.

Mau tidak mau, dengan kondisi TPA yang sangat bergantung dengan alat berat maka harus ada penambahan.

  • Bagikan