H-2 Lebaran Idulfitri, Penumpang di Terminal Regional Daya Makassar Padat Pemudik

  • Bagikan
FOTO: IKBAL/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Arus mudik pada H-2 Idulfitri 1443 Hijriah terlihat di Terminal Regional Daya Kota Makassar sangat padat dan melonjak drastis. Suasana tersebut sangat berbeda dengan situasi pada dua tahun terakhir.

Penjabat Direksi Terminal Regional Daya Makassar, Rizal Asjahad Rahman mengatakan sejak 25 April 2022 hingga saat ini jumlah penumpang terus membeludak.

“Kondisi terminal sudah sangat padat. Khusus malam ini sudah di angka 4000 penumpang,” ucap Rizal, Jumat malam, 29 April 2022.

Menurut Rizal, kenaikan jumlah penumpang ini tak lepas dari kebijakan pemerintah yang memperbolehkan mudik lebaran setelah dua tahun sebelumnya dilarang karena alasan pandemi Covid-19.

Mengantisipasi lonjakan penumpang, pihak Terminal Regional Daya mengimbau kepada Perusahaan Otobus (PO) agar menyiapkan bus tambahan (cadangan) dengan memperhatikan kelayakan kendaraan.

“Kami sudah mengimbau kepada PO supaya menyiapkan bus cadangan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang. Kepada Perusahaan Otobus agar mempersiapkan kendaraan yang layak bagi saudara kita yang akan mudik supaya kecelakaan bisa diminimalisir,” katanya.

“Bagi saudara kita yang akan mudik agar memperhatikan keamanan rumah yang ditinggalkan jangan sampai rumahnya dibobol maling pada saat mudik. Jangan lupa taat prokes tetap pakai masker,” tutupnya.

Angga, Mahasiswa Universitas Bosowa yang hendak pulang kampung mengatakan situasi terminal saat ini sangat melonjak dibanding tahun sebelumnya.

"Berhubung karena masih Covid-19 saya hanya taat pada prokes," sebutnya.

  • Bagikan