Solusi Atasi Krisis Minyak Goreng, Nurdin Halid Sarankan Zulhas Libatkan Jaringan Koperasi

  • Bagikan
Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) HAM Nurdin Halid

Kedua Nurdin dkk menyiapkan tangki 10 ribu yang disebar di titik distribusi di Jawa dan Bali. Tersebar Di semua kantong pemasaran di Jawa dan Bali.

"Ketiga membeli minyak goreng langsung ke pabrik dan dibawa kapal ke pelabuhan Jawa dan Bali. Kemudian dari pelabuhan minyak goreng langsung diantar oleh tangki mobil ke 10 ribu titik," katanya.

Keempat, harga minyak goreng yang dijual di titik titik pemasaran 3000, sehingga harga yang sampai ke masyarakat tidak pernah lebih dari Rp3.500.

"Harapan pemerintah yang ketika itu kepada KDI, Alhamdulillah dalam tempo enam bulan KDI dapat menurunkan harga dari 8000 bahkan sampai terakhir 3000 rupiah. Alhamdulillah strategi KDI menurunkan harga minyak goreng diapresiasi Pemerintah," kata Nurdin.

Nurdin mengapresiasi terobosan Zulkifli Hasan sebagai Mendag baru dalam menurunkan harga minyak goreng dalam dua pekan menjabat. Ia melihat, ada dua langkah yang dilakukan Ketua Umum DPP PAN itu.

Pertama, strategi menyebarkan 14 ribu titik. Zulkifli menyuruh minyak goreng disimpan, suplai 24 jam penuh, dan diawasi ketat sehingga masyarakat bisa membeli dengan harga 14 ribu rupiah perliter

Kedua mengembangkan kemasan sederhana untuk minyak curah agar memudahkan proses distribusi terutama menjangkau pelosok Indonesia.

Misalnya orang jauh bawa galon, dengan kemasan sederhana minyak goreng dengan mudah bisa menjangkau daerah pelosok. (Ikbal/fajar)

  • Bagikan