Pelayanan Home Care Home Visit Bupati ASA Sentuh Warga hingga Pelosok

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Program home care dan home visit yang merupakan program prioritas di bidang kesehatan tetap dilaksanakan hingga tahun keempat kepemimpinan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

Pelayanan kebutuhan dasar ini sangatlah dirasakan warga, apalagi layanan home care dan home visit hingga ke pelosok desa di Kabupaten Sinjai.

Home care adalah pelayanan kesehatan dilakukan di rumah atau melalui door to door sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang berobat ke tempat pelayanan kesehatan.

Kegiatan yang dilakukan oleh para tenaga kesehatan ini berawal dari telepon warga yang sedang sakit. Lalu, petugas mendatangi warga tersebut untuk dilakukan pemeriksaan, dan dikonsultasikan ke dokter.

“Warga yang sakit menghubungi penanggung jawab desa dari program ini untuk dilakukan pemeriksaan di rumah, jika sakit yang diderita membutuhkan perawatan lanjut maka kita anjurkan mendapatkan pelayanan di Puskesmas dan itu kita sudah siapkan mobil ambulans untuk menjemput melalui petugas PSC 119,” beber Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sinjai, Mahyuddin,

Demikian juga program home visit, para petugas kesehatan memberikan edukasi dan penyuluhan yang mengarah pada upaya promotif dan preventif seperti kepada lanjut usia, bayi dan ibu yang baru bersalin serta kegiatan pembinaan sehat

Berdasarkan data yang disampaikan sejak bulan Januari hingga Mei tahun 2022 ini, kunjungan home care yang dilakukan oleh para tenaga kesehatan sebanyak 2.013 dan kunjungan home visit sebanyak 1.528 kunjungan.

  • Bagikan