Latih Masyarakat Tani Desa Ponre-Ponre Libureng, Bone Memanfaatkan Panel Surya

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR-- Dosen Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mengajak ikut pelatihan kelompok Tani Desa Mabbarakkan, yang menempati wilayah Desa Ponre-Ponre Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone.

Pasalnya mereka memiliki permasalahan ketiadaan listrik di areal perkebunannya. Malam yang gelap tanpa listrik, menjadi sasaran yang empuk bagi babi- babi hutan yang berdiam dekat areal perkebunan mereka.

TIM Penerapan Iptek Masyarakat dari PNUP yang beranggotakan tiga Dosen yakni; Nahlah, A. Muhammad Shiddiq Yunus, dan Syharir.

Lalu ditemani dua mahasiswa yakni Satria Muhar Dwinata dan M. Farizal Rasyid. Mereka tergerak membantu Kelompok Tani, menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya.

Tim Penerapan Iptek Masyarakat dari PNUP,
A. Muhammad Shiddiq Yunus mengatakan
Kebun dengan luas sekitar 3 hektar, ditanami jagung kuning sebagai tanaman pokok dan beberapa jenis tanaman lainnya.

Tetapi ketika malam hari, babi hutan datang merusak. Ini karena tak adanya penerangan di lokasi kebun tersebut.

"Babi hutan adalah salah satu hama bagi tanaman jagung tersebut. Makanya permasalah mereka kami tampung dan akhirnya dilakukanlah pelatihan pemanfaatan panel surya," ucapnya.

Melihat permasalahan tersebut kata A. Muhammad Shiddiq Yunus membuat mereka turun ke lokasi Jumat, tanggal 15 Juli 2022, dan mengunjungi lokasi Kelompok Tani Mabbarakka.

"Jadi kami memberikan pelatihan pemanfaatan Panel Surya sebagai salah satu sumber listrik alternatif," ucapnya.

Dosen PNUP dan Tim Penerapan Iptek Masyarakat dari PNUP, Nahlah mengatakan
Panel surya adalah sistem pembangkit listrik yang dapat mengubah cahaya matahari menjadi daya listrik dengan prinsip efek fotovoltaik.

  • Bagikan