Ternyata Tiap Puskesmas di Sinjai Memiliki Dua Ambulans, Tahun Ini Kembali Dilakukan 10 Pengadaan Kendaraan

  • Bagikan
Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai, drg. Farina Irfani

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Dinas Kesehatan Sinjai menyiapkan dua mobil ambulans di setiap Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Satu armada untuk pelayanan rujukan, satu kendaraan lainnya digunakan sebagai operasional pelayanan kesehatan di puskesmas setempat.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sinjai, drg. Farina Irfani mengatakan, setiap Puskesmas di Kabupaten Sinjai disiapkan dua armada mobil ambulans. Ada yang digunakan untuk melayani pasien rujukan dari Puskesmas ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sinjai.

Satu kendaraan lainnya berfungsi untuk memberikan pelayanan kesehatan di mana Puskesmas tersebut berada. Salah satunya untuk mendukung pelaksanaan program home care dan home visit. "Kami siapkan dua mobil untuk 15 Puskesmas se-Kabupaten Sinjai untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," ungkapnya, Rabu, (20/7/2022).

Tahun ini, Dinas Kesehatan Sinjai kembali melakukan pengadaan 10 kendaraan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). 1 unit diantaranya merupakan pengadaan mobil ambulans.

Sementara 9 unit lainnya merupakan kendaraan roda dua yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan untuk memberi pelayanan hingga dusun atau puskesmas keliling.

Untuk itu pihaknya akan melakukan penilaian untuk menentukan Puskesmas mana yang akan diprioritaskan mendapat pengadaan tersebut. Terutama mobil ambulans.

Tentu penilaian dilihat berdasarkan kondisi mobil di setiap Puskesmas. Apakah mobil yang ada sudah rusak berat atau hanya perlu perbaikan saja. Termasuk melihat mobilitas penggunaan di setiap Puskesmas.

  • Bagikan