PNUP Sasar 67 Desa Belajar Inkubasi Bisnis

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Pelatihan dan Pendampingan Program Deepening Desa Brilian Wilayah Makassar Tahun 2022, kembali dilakukan.

Kali ini kerjasama dengan Inkubator Bisnis Inovasi Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Program Desa Brilian tersebut, merupakan program inkubasi desa. Melibatkan tempat Uji Kompetensi (TUK) teknik elektro sebagai sarana pelatihan berbasis kompetensi.

Dosen PNUP Sekaligus Tim Program Pelatihan Desa Brilian, Fitriaty Pangerang mengatakan kegiatan tersebut komitmen Bank BRI dan perguruan tinggi dalam mengembangkan potensi desa binaan.

Kegiatan tersebut kata dia, diikuti oleh 67 desa. Dimana desa ini merupakan wakil desa Brilian dilima provinsi yang merupakan region Makassar.

"Tujuan utama program inkubasi desa, bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa. Melalui implementasi praktik kepemimpinan desa yang unggul dan semangat kolaborasi untuk mengoptimalkan potensi desa berbasis SDG’s," ucapnya.

Desa – desa yang tergabung dalam program “Desa Brilian”, diharapkan menjadi sumber inspirasi kemajuan desa yang dapat direplikasi ke desa-desa lainnya.

Untuk pelaksanaan program Desa Brilian, memperhatikan empat aspek yang menjadi kerangka pemberdayaan (framework) sebuah desa menjadi Desa Brilian, yaitu BUMDes sebagai motor penggerak ekonomi desa.

Lalu ada Digitalisasi Desa dengan melakukan Implementasi produk aktivitas digital di desa. Kemudian Inovasi Desa, implementasi strategi kreatif desa sebagai solusi atas permasalahan di desa.

  • Bagikan