Bukan Hanya Perempuan, Laki-laki Juga Bisa Merasakan Nyeri Saat Berhubungan Intim

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID – Bukan hanya perempuan, laki-laki juga bisa merasakan nyeri pada saat berhubungan intim.

Sex edukator, Zivana Sabili mengatakan, nyeri itu bisa disebabkan karena penis terlalu sensitif.

“Meskipun lebih jarang daripada perempuan, laki-laki juga bisa merasakan nyeri pada saat berhubungan seks. Misalnya penis terlalu sensitif.

Penis tertekuk ketika sedang ereksi dan berhubungan seks dengan intens. Itu juga bisa sakit banget,” ucapnya, dikutip melalui channel YouTube Gue Sehat, Kamis, (28/7/2022).

Selain itu kata dia bisa juga disebabkan karena adanya infeksi menular seksual.

“Atau ada infeksi tertentu misalnya infeksi menular seksual. Sehingga perlu diperiksakan lebih lanjut,” jelasnya.

Zivana membeberkan tips agar tidak terasa sakit saat berhubungan. Pertama, komunikasi dengan pasangan jika memang sedang tak ingin bercinta.

“Apapun, entah karena badan lagi tidak nyaman atau nggak mood, lagi jenuh, banyak pikiran. Hal seperti ini membuat kita nggak terangsang. Kalau nggak terangsang, hubungan seks jadi terasa sakit. Oleh karena itu jujurlah dengan pasangan,” ungkapnya.

Kemudian, yang tidak kalah penting kata dia adalah memperbanyak foreplay.

“Dengan lebih banyak foreplay, akan mengurangi risiko nyeri ketika berhubungan seks karena tubuh lebih siap. Jadi lebih ada pelumas alaminya. Mood juga lebih enak, lebih bergairah. Lebih terbangkitkan semangat untuk mesra-mesraan sama pasangan,” jelas Ziva.

Lanjut kata dia, cara ketiga dengan menjaga kebersihan alat reproduksi dan organ seksual dan menggunakan kondom. Hal ini untuk mencegah penyakit menular seksual yang bisa bikin nyeri ketika berhubungan seks.

  • Bagikan