Daun Beluntas, Tanaman Pagar Sejuta Manfaat

  • Bagikan
Daun Beluntas, Tanaman Pagar Sejuta Manfaat

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR - Daun beluntas atau Pluchea indica, tanaman semak bercabang telah lama digunakan sebagai tanaman herbal.

Namanya berbeda-beda, sesuai di daerah tempat dia tumbuh. Di Sumatera,dikenal nama beluntas (Melayu), sedangkan disunda dikenal dengan nama beluntas,lain lagi di makasar, masyarakat disekitarnya menyebut tumbuhan ini dengan nama lamutasa.

Guru SMK Farmasi Yamasi Makassar, Masyudi Zulkifli Imansyah menuturkan, tanaman tersebut sering dijadikan pagar itu ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

"Manfaat daun beluntas tak terlepas dari kandungan nutrisi di dalamnya yang melimpah," ujarnya kepada fajar.co.id (28/7/2022).

Ekstrak daunnya, kata Masyudi. Mengandung serat, kalsium, beta karoten, dan beragam jenis antioksidan, seperti asam klorogenat, asam kafeat, quercetin, dan flavonoid, yang baik untuk kesehatan tubuh.

"Bau badan merupakan salah satu masalah yang menganggu aktivitas sehari hari. Bau badan merupakan salah satu masalah yang sangat dikhawatirkan, tidak hanya bagi kalangan muda," lanjutnya.

Namun, menurutnya. Orang tua pun mengalami hal yang sama, juga tidak hanya untuk para fashion style yang sangat mementingkan kebersihan, kerapian, serta aroma yang akan menambah elegant sebuah penampilan tetapi bagi orang biasa pun mengalami hal yang sama.

"Bau badan dapat diakibatkan beberapa faktor seperti genetik, emosional, makanan, dan berat badan. Keringat apokrin mengandung lemak dan protein, yang apabila di uraikan oleh bakteri akan menimbulkan bau yang tidak enak, bau inilah yang di kenal bau badan," bebernya.

  • Bagikan