Digagas Bupati ASA, Program Hafiz Tiap Desa Kini Berjalan Dua Tahun

  • Bagikan
Bupati ASA

FAJAR.CO.ID, SINJAI -- Kepedulian Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di bidang keagamaan patut diacungi jempol.

Tidak hanya mencetak penghafal Al-Quran yang ditanggung Pemkab Sinjai setiap tahunnya, namun juga mendorong Desa untuk ikut mencetak generasi Qurani melalui program Hafiz di tingkat Desa.

Program ini digagas Bupati ASA tahun 2021 lalu, dan telah berjalan selama kurang lebih satu tahun di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ihsan Salohe, Kecamatan Sinjai Timur.

Pimpinan Ponpes Darul Ihsan, Salohe, Mustakim mengatakan, program ini mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari para kepala desa. Itu dibuktikan dengan berjalannya program tahfiz desa selama satu tahun terakhir.

Mustakim menyebut, total hafiz yang saat ini mengikuti program tersebut sebanyak 44 orang. Setiap desa mengirimkan 1 orang perwakilan untuk mengikuti program ini.

"Sudah berjalan satu tahun terakhir, Alhamdulillah sudah lebih dari 40 desa yang ikut dalam program yang digagas pak Bupati dari tahun lalu. Ada yang mengirimkan 1 perwakilan ada juga yang sudah 3 orang perwakilan," ungkap Mustakim, Jumat (12/8).

Dikatakan, Tahfiz desa ini diprogramkan selama 3 tahun. Dimana peserta Tahfiz desa diwajibkan untuk mengikuti program yang telah ditentukan seperti tahun pertama menghafal Al-Quran 30 Jus, tahun kedua belajar hingga fasih bahasa Arab dan bahasa Inggris serta tahun ketiga menguasai kitab kuning.

"Jadi ini diprogramkan selama 3 tahun, semua pembiayaan oleh masing-masing Pemerintah desa kurang lebih Rp. 500 ribu per bulan. Pesertanya itu dari tingkatan SMP dan SMA Sederajat," sambungnya

  • Bagikan